Biasakan Mencatat dari Sekarang!

Apakah Azalisian pernah, atau sering lupa PR, lupa janji dengan teman, lupa rumus saat ujian, atau lupa hal-hal penting lainnya? Lupa itu wajar karena kita hanya manusia biasa. Sebagai pelajar, banyak hal yang perlu kita ingat setiap harinya seperti materi pelajaran, PR, janji, dan lain-lain.
Walaupun lupa itu wajar, kita tidak boleh membiarkan hal-hal penting itu hilang dari ingatan kita ’kan? Oleh karena itu, kita harus rajin mencatat. Dengan melihat catatan yang sudah kita buat, kita bisa melihat PR yang belum dikerjakan, rencana hari ini, janji, dan informasi lainnya. Dengan kata lain, buku catatan tetap ingat walaupun kita sudah lupa (ini tidak berlaku jika buku catatannya sobek, atau kamu buang, ya…)

Apa saja yang dapat kita catat?

Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu kita catat.

Materi pelajaran

Catatlah materi pelajaran yang diterangkan gurumu. Jika Azalisian belajar dengan Kurikulum 2013, maka guru tidak banyak menjelaskan. Kita lah yang aktif berdiskusi, bernalar, dan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Catatlah hasilnya di buku catatanmu.

PR

Jangan sampai kamu lupa membuat PR. Catatlah PR yang diberikan; Apa yang harus dikerjakan? Di mana PR itu dikerjakan? Kapan dikumpulkan? Tambahkan pula informasi lainnya yang penting. Jangan lupa untuk memberi keterangan jika PR itu sudah selesai dikerjakan.

Rencana, ide, dan janji

Jika kamu punya janji dengan teman, catatlah agar tidak lupa. Kamu juga bisa mencatat rencana-rencana dan ide yang muncul di pikiranmu. Tetap catat meskipun itu hanya hal kecil.

Kontak teman

Sekarang, ini sering disimpan di ponsel. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, catatlah di buku. Catatlah nama lengkap temanmu, nomor ponsel, media sosialnya, bahkan tempel fotonya. Ini berguna di masa depan nanti agar kamu bisa tetap terhubung dengan teman-teman lamamu, bertemu lagi, atau untuk mengadakan reuni.

Informasi penting lainnya

seperti daftar pelajaran, jadwal ujian, dan lain-lain.

Mengenai catat mencatat, ada beberapa saran dari saya

  • Ikuti perintah gurumu tentang catatan pelajaran, seperti tidak boleh dicampur dengan pelajaran lain atau digabung dengan pelajaran tertetnu, diberi sampul berwarna khusus, dan lain-lan.
  • Pisahkan catatan untuk PR, rencana, janji, ide-ide, informasi penting, dan kontak teman, tetapi masih dalam satu buku.
  • Jaga buku catatan itu. Buku itu tidak boleh rusak, karena banyak informasi penting di dalamnya.
  • Buatlah buku catatan itu menjadi lebih menarik di luar maupun di dalam, seperti memberi warna dan gambar. Buatlah sekreatif mungkin.
  • Susun catatan ke dalam bentuk yang mudah dipahami, seperti mind map.
Nah, itulah tips mengenai kebiasaan mencatat yang baik untuk kita lakukan. Tunggu apa lagi? Mulailah mencatat sekarang juga. Insha Allah, kebiasaan mencatat ini akan membuat sifat lupamu turun drastis. Kita akan mudah mengingat jika diulang-ulang. Ketika kita mencatat suatu hal, maka kita akan mengulangi hal tersebut saat kita sedang mencatatnya. Jadi, mencatat juga memudahkan kita untuk mengingat. Sebagaimana pepatah Minang “Lancar kaji dek diulang”.
Terima kasih sudah membaca artikel ini. Sudilah kiranya Azalisian untuk membaca artikel lainnya, dan menunggu artikel lain yang akan saya posting di Azalis04. Semoga tips ini bisa membantu Azalisian. Saya minta maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Azlan Al-Isyraq
Salken! Saya adalah mahasiswa Arsitektur Universitas Gadjah Mada. Hobi saya bermain, membaca, menggambar, coding dengan App Inventor, dan tentunya menulis di blog ini. Baca selengkapnya »

Related Posts

Posting Komentar

LANGGANAN TULISAN TERBARU AZALIS04
Lewat notifikasi
(Baca petunjuk)